Tuesday, May 15, 2007

Pesta Adat Meninggal Orang Batak

Siang ini aku menghadiri acara adat batak untuk menghormati atas meninggalnya orang tua dari Royon Sinaga, Rekan kerjaku di proyek...
Orang tua Rekanku tersebut meninggal hari jumat tanggal 11 Mei 2007 dan dimakamkan hari ini tadi, sore hari...

Monday, May 14, 2007

Lumpur Di Sidoarjo

Lumpur, tidak dinyana dalam jumlah besar sangat merepotkan banyak orang, bahkan negara, lumpur, bisa juga akhirnya membuat orang demonstrasi.
Nyata bagi kita, hal kecil yang ada disekitar kita dapat menjadi besar, bila tidak hati hati bisa meruntuhkan banyak hal, keadilan, sosial masyarakat, bahkan mungkin sebuah negara.
Bisa jadi lumpur di sidoarjo akan menenggelamkan jawa timur, ntah berapa waktu lagi yang kita punya untuk selesaikan itu semua.
Yakin, semua bisa selesai bila sebelumnya kita sama sama instrospeksi diri untuk apa yang sudah kita lakukan, sadar, atas semua yang sudah terjadi sebagai anugerah juga cobaan yang ALlah berikan pada kita, Indonesia...
Bukan tidak mampunya Negara, Bukan tidak cakapnya Ahli geodesi Indonesia, Bukan tidak banyaknya korban dan demonstrasi yang bisa menyelesaikan..
Koreksi diri, bersatu, yakin dan berusaha smua akan bisa diselesaikan dengan bergandengan tangan, tanpa harus sesumbar.
Demonstrasi tidak bisa selesaikan lumpur yang mengalir, Kesombongan lebih lagi...
Smoga bangsa ini sadar bahwa masalah bisa selesai dengan kejujuran dan bersatu..

gambar diatas adalah seorang teman dari Polda Jatim bersama dengan Orang Amerika saat investigasi di Lumpur Sidoarjo.

Sunday, May 13, 2007

Weekend sambil kerja

weekend dan kerja
Hari minggu ini bangun siang, sekalian balas dendam capek kerja seminggu kemarin...
tapi meski gitu aku coba juga tetep enjoy, makanya aku brangkat ga ikut kapal PT, tapi ikut kapal trip penyeberangan ke samosir, agar ada pemandangan lain yang bisa kunikmati sekalian juga refreshing, sosialisasi dan juga cuci mata menikmati pemandangan danau toba... siang berangkat kuambil gambar kapal trip penyeberangan ke samosir PP, ongkos 4000 rupiah, sepeda motor 5000 rupiah, di kapal kubaca novel yang dipinjemi adekku di kantor... ga sadar udah sampai juga di pelabuhan sumbersari di tomok samosir...
pelan2 kujalankan kereta (speda Motor)ku, kearah proyek Lontung,...
jam 2an ombak cukup besar, tapi jam 3an udah reda, tidak lupa aku beli pecel n makan sama temen2 di proyek, enak tenan...
sorenya sambil nunggu kapal trip pulang minum kopi ginseng di pelabuhan tomok....
menikmati pemandangan dan sore hari di tomok...
thats all...

Friday, May 11, 2007

Rumah Batak

Jumatan

Hari ini aku ga ke proyek, tapi hari ini ada meeting produksi, membahas smua berkaitan dengan pekerjaan, trus habis itu ada test penyegaran untuk angka angka produksi, konstruksi dan lain2 menyangkut proyek skaligus sebagai data tambahan bagi pimpinan untuk menilai keputusan mutasi antar proyek yang akan dikeluarkan skepnya minggu depan. Dari 6 soal dirinci ada 7 poin hitung2an selebihnya soal jawaban biasa. Entahlah berapa bisa kujawab, tapi yang pasti tidak ada persiapan bagiku untuk belajar terlebih dahulu.

Angin di danau toba kencang, ombak juga cukup kuat, sampai gerak buih putih di tengah danau seperti geraknya domba di tengah padang, berkejar kejaran.
Habis jumatan dan makan siang kami semua menegemen ke desa hutaginjang untuk melayat atas meninggalnya orang tua dari humas tempatku bekerja yaitu orang tua Royon Sinaga.
Selesai melayat udah jam 4 sore, kami jalan kaki dari huta ginjang ke tomok. sekitar 25 menitan gitu, langsung kami naik kapal ke ajibata, farm office. trus aku makan mie ayam n pulang...

Thursday, May 10, 2007

Pekerjaanku di atas air

aku dengan kerjaku,
aku brangkat kerja jam 8.15 pulang sampai rumah jam 18.30 wib, brangkat ke tempat kerja harus naik speed boat atau kapal, pagi tadi aku brangkat naik kapal, nyeberang ke pulau samosir, jam 9.30 baru sampai di proyek, langsung kerja, ke karamba tempat kami pelihara ikan nila, jalan dari satu circulair cage ke circulair cage lainnya, melihat konstruksi apakah ada yang berubah posisi atau tidak, melihat bagaimana ikan ikan itu makan, interaksi dengan rekan2 karyawan, karena pas juga ada ombak meski ga gitu besar, tapi tetap aja harus kontrol dengan baik seputar proyek, apalagi tadi malam hujan cukup deras,..
syukur aja kondisi proyek cukup stabil, tidak ada masalah serius kecuali ikan yang dijaga benri sitohang, agak susah makan, kulihat kondisi sampah yang ada di sekitar proyek cukup banyak, run off dari sungai di gunung, bawa kotoran dari ladang dan sawah yang cukup banyak.. tapi semuanya pelan2 bisa dibersihkan oleh kawan2 di produksi. sampai jam 12.00 aku udah kerasa lapar, ke kantor farm dan aku makan sama2 dengan sindar sinurat, admin proyek,.. sambil dengerin lagu dari notebookku... sebelumnya sempat chattng dengan deek mindo...
setelah makan cek data di komputer angka2 produksi.. kuliat memang cc28 wajib dikontrol ketat, juga pengiriman ikan stress ke ajibata harus diperbanyak, agar bisa memperbaiki angka2 produksi.. terutama FCR.
jam 5.10 aku pulang ikut kapal yang bawa ikan stress sore.. capek juga...

Wednesday, May 9, 2007

Pojok Danau Toba

Sodaraku,
aku coba hadirkan sebuah pemandangan yang cantik dari danau toba, dari sisi yang berbeda di sekitar parapat dan kota ajibata , sekedar menjelaskan tentang indahnya alam ciptaan Tuhan ini, yang diberikan kepada kita manusia, untuk menikmati dan memanfaatkan dengan arif dan bijaksana.
Tidak seperti yang kurasakan sekarang, hidup yang kurasa ada bagian yang aku sendiri tidak punya kuasa atas nafasku.